Akreditasi A Pertama dan Terkini di UNG Diraih oleh Program Studi Pendidikan Kimia (Satu Suka, Dua Duka Kembali Selamanya)

Oleh: Akram La Kilo . 21 Januari 2016 . 12:37:00

Bismillahirrahmanirrahim, segala puji bagi Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan kepada kita. Alhamdulillah, Program Studi (PS) Pendidikan Kimia Universitas Negeri Gorontalo (UNG) meraih akreditasi A berdasarkan Surat Keputusan (SK) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 1262/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015, dengan masa berlaku SK sampai 29 Desember 2020. Subhanallah! Akreditasi A adalah pertama dan terkini di UNG yang diraih oleh PS Pendidikan Kimia. Insya Allah, PS lain di lingkungan UNG dapat juga meraih akreditasi A, amin, amin, amin ya Rabb Alamin.

Kami mengucapkan terima kasih kepada civitas akademika UNG, khususnya kepada semua dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa Program Program Studi Kimia yang telah banyak meraih prestasi baik di bidang pendidikan/pengajaran, penelitian/publikasi, maupan pengabdian pada masyarakat. Semua prestasi itu membawa PS Pendidikan Kimia menggapai akreditasi A. Prestasi yang ditunjukkan oleh mahasiswa baik lokal, wilayah, maupun nasional telah membawa nama harum UNG, khususnya nama harum untuk Program Studi Pendidikan Kimia. Semua prestasi mahasiswa tersebut tercatat di borang Program Studi Pendidikan Kimia, dengan hasil evaluasi diri (mahasiswa) untuk pengembangan ke depan adalah (1) memanfaatkan kerjasama internasional dan nasional dalam pengembangan akademik dan non akdemik untuk meningkatkan prestasi mahasiswa dan (2) meningkatkan kompetensi lulusan yang dapat bersaing secara global, termasuk di tingkat ASEAN. Mahasiswa PS Pendidikan Kimia yang berjumlah 351 orang berasal dari berbagai daerah di Indonesia; 52% berasal dari Gorontalo, 40 % dari Sulawesi (Utara, Tengah, Tenggara), dan sisanya 2% berasal dari daerah Jawa,sumatra, Papua, NTT, NTB dan Maluku. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa PS Pendidikan Kimia telah dipercaya oleh masyarakat sebagai PS yang dapat diandalakan dalam bidang pendidikan kimia.

Prestasi dosen-dosen Program Studi Kimia terlukis penuh dalam borang. lima tahun terakhir dosen-dosen Prodi Pendidikan Kimia selalu mendapatkan hibah penelitian desentralisasi dan/atau kompetitif nasional serta hibah kerajsama internasional. Bahkan di tahun, 2015 semua dosen Kimia mendapatkan hibah penelitian nasional dan beberapa hibah (nasional) pegabdian pada masyarakat, seperti KKN-PPM dan IBW. Hasil-hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan baik di jurnal nasional maupun internasional. Pada tahun 2015, dosen PS berhasil mempublikasikan 4 artikel di jurnal internasional bereputasi. Melalui pengabdian pada masyarakat, seperti KKN-PPM, dosen PS Kimia berhasil membantu masyarakat dalam meningkatkan mutu produk dan pengetahuan dalam pendidikan anak-anak di Gorontalo. Bahkan pada yudisium FMIPA UNG 18 Januari 2016, mahasiswa jebolan KKN-PPM PS Pendidikan Kimia, empat orang diantaranya berhasil meraih sarjana pada semester 7 yang sebelumnya belum pernah diraih, bahkan semuanya masuk 10 besar lulusan terbaik FMIPA, dan lulusan terbaik satu pun diraih oleh lulusan PS Pendidikan Kimia. Strategi pengembangan dosen ke depan berdasrakan evaluasi diri PS Progrm Studi Kimia diantaranya (1) meningkatkan kerjasama internasional dalam penelitian dan publikasi, (2) memanfaatkan hibah penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk menghasilkan karya/produk dan publikasi untuk pengembangan dosen dan percepatan guru besar, dan (3) menambah/mengangkat dua orang dosen. Dosen tetap PS Pendidikan Kimia FMIPA UNG berpendidikan berjumlah 20 orang yang terdiri dari S2 (16 orang) dan S3 (8 orang, dua diantaranya bergelar akademik guru besar). Pada saat ini, 3 orang dosen sedang menempuh S3 di Institut Teknologi Bandung (2 orang) dan Universitas Negeri Surabaya (1 orang). Kompetensi dosen PS Pendidikan Kimia mencakup semua bidang ilmu yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan pendidikan Program Studi Pendidikan Kimia yaitu Kependidikan Kimia (5 orang), Kimia Organik (3 orang), Kimia Anorganik (2 orang), Kimia Fisik (3 orang), Biokimia (4 orang), dan Kimia Analitik (3 orang).

Tenaga kependidikan PS Pendidikan Kimia juga menunjukkan prestasi yang membanggakan. Tata usaha yang bekerja cepat dan tuntas sangat memudahkan PS Pendidikan Kimia dalam melakukan kegiatan akademik dan nonakademik. Laboran yang tegas dan disiplin menjadikan tugas-tugas laboratorium dalam praktikum dan penelitian dapat terselesaikan dengan baik dan membanggakan. Laboran PS Kimia telah beberapa kali meraih laboran terabik se-UNG, bahkan di tahun 2014, laboran PS Kimia meraih prestasi nasional, sebagai laboran terbaik 7 tingkat nasional, di saat laboran-laboran bagian timur Indonesia meredup oleh cahaya laboran bagian barat Indonesia. Hehehe.

Peran alumni juga menentukan keberhasilan ini. Mereka telah banyak membantu baik dalam bentuk materi (seperti buku) maupun imateri untuk pengembangan PS Pendidikan Kimia. Sumbangan materi tersebut secara rutin diberikan dua kali setiap tahun menjelang wisuda, khusus bagi alumni baru PS Pendidikan Kimia.

Terima kasih kepada rektor dan wakil-wakil rektor, dekan dan wakil-wakil dekan FMIPA, Badan Penjaminan Mutu, kolega-kolega di jurusan-jurusan lingkungan FMIPA, dan alumni PS Pendidikan Kimia Universitas Negeri Gorontalo.

Sayang, di saat yang bahagia ini, PS Pendidikan Kimia kehilangan dua dosen terbaiknya, Dra. Evie Paendong, M,Si. dan Rakhmawati A. Asui, M.Si. yang yang telah menghadap Rabb-nya ketika studi Program Doktor, masing-masing di UNSRAT dan ITB. Nama kalian terlukis sebagai bagian dari AKRDITASI A ini. Insya Allah tahun 2016 ini, Rektor UNG dapat mengangkat 2 dosen untuk Program Studi Pendidikan Kimia, sebagai pengganti mereka berdua yang tak kembali lagi selamanya. Selamat jalan, dua kawan kami yang membanggakan, semoga Allah menempatkanmu di surga-Nya.

Akhirnya, hadiah ini kami peruntukan ke UNG yang telah lama merindukan akreditasi A.

 

Agenda

22 Februari 2018

Ujian Kompetensi Keahlian SMK Negeri 1 Gorontalo

Ujian Kompetensi Keahlian akan dilaksanakan di Lab Kimia UNG dibawah bimbingan Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si.

21 Februari 2018

Diskusi Program Tridarma Perguruan Tinggi

Menindaklanjuti MoU antara Jurusan Kimia UNG dan SMAT Wira Bhakti Gorontalo

22 Januari 2018

Yudisium Program Sarjana FMIPA

Yudisium Program Sarjana FMIPA UNG diikuti oleh 29 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia

2 - 11 April 2015

Finalisasi Borang dan Evaluasi Diri

Insya Allah, finalisasi Borang dan Evaluasi Diri Prodi Pend. Kimia akan dilaksanakan setiap hari kerja di Ruang Sidang Jurusan Kimia