Mahasiswa PS Pendidikan Kimia UNG Juara OSN Kimia Wilayah Sulawesi

Oleh: Akram La Kilo . 30 Oktober 2015 . 00:11:00

Olimpiade Sains Nasinal Pertamina (OSN PERTAMINA) 2015 dilaksanakan secara serentak di 33 Provinsi dari 42 Perguruan Tinggi Mitra di Indonesia. Di Provinsi Gorontalo, kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu pada Kamis 15 Oktober 2015 yang dilaksanakan di Auditorium UNG. Rektor UNG mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan ajang uintuk memotivasi diri mahasiswa untuk senantiasa berprestasi dan kompetitif, dan dijadikan sebagai tolok ukur bagi pembinaan akademik mahasiswa. Pada kegiatan seleksi OSN tersebut turut dihadiri pula oleh perwakilan panitia pusat Dr. Efta Yudiarsah dari FMIPA UI dan Pimpinan Depo Pertamina Gorontalo Doni Prasetyo.

OSN PERTAMINA tahun ini difokuskan pada tema "Energi Baru dan Terbarukan" dan untuk pertama kalinya bekerjasama dengan Perguruan Tinggi di Negara-negara ASEAN untuk kategori science project. "Cita-cita Bauran Energi Pemerintah di tahun 2025 nanti, sekitar 25% dari seluruh penggunaan energi akan menggunakan Energi Baru Terbarukan.

Secara nasional, sebanyak 25.671 peserta untuk kategori teori dan 357 peserta science project mahasiswa program studi Matematika, Sains dan Teknologi mengikuti kompetisi bergengsi ini. OSN ini merupakan perhelatan yang ke-8 yang telah menjaring lebih dari 120.000 peserta dari seluruh Indonesia. Di provinsi Gorontalo, Ketua Panitia OSN Provinsi Gorontalo Dr. Tedy Machmud, M.Pd. melaporkan bahwa seleksi OSN di Provinsi Gorontalo diikuti oleh 763 peserta Tes Teori dan 6 (enam) kelompok Proyek Sains. Mahasiswa Program Studi Kimia berhasil menjadi Juara I wilayah Sulawesi. Bahkan pada lomba Project Science pun kelompok mahasiswa kimia berhasil meraih juara I juga.

Agenda

22 Februari 2018

Ujian Kompetensi Keahlian SMK Negeri 1 Gorontalo

Ujian Kompetensi Keahlian akan dilaksanakan di Lab Kimia UNG dibawah bimbingan Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si.

21 Februari 2018

Diskusi Program Tridarma Perguruan Tinggi

Menindaklanjuti MoU antara Jurusan Kimia UNG dan SMAT Wira Bhakti Gorontalo

22 Januari 2018

Yudisium Program Sarjana FMIPA

Yudisium Program Sarjana FMIPA UNG diikuti oleh 29 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia

2 - 11 April 2015

Finalisasi Borang dan Evaluasi Diri

Insya Allah, finalisasi Borang dan Evaluasi Diri Prodi Pend. Kimia akan dilaksanakan setiap hari kerja di Ruang Sidang Jurusan Kimia